Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Digital Mirrorless Nikon 1 J3

Camdig Nikon - Nikon sudah mulai masuk ke jajaran kamera mirrorless sejak 2011 yang lalu, sejak saat itu kamera dengan pertukaran lensa tersebut mulai diproduksi dan berkembang pesat hingga saat ini. Beberapa kamera mirrorless Nikon mulai masuk ke dalam hati para peminatnya dan semakin berkembang dengan teknologi yang makin canggih. Salah satu yang terbaru adalah kamera mirrorless Nikon 1 J3 yang merupakan kamera mirrorless interchangeable lens generasi ke 3 di jajaran seri J. Sering berjalannya waktu kamera seri J ini mengalami perkembangan pesat dimulai dengan munculnya kamera Nikon 1 J1, dilanjutkan dengan Nikon 1 J2 hingga muncul yang terbaru Nikon 1 J3 yang sudah banyak mengalami perkembangan. Untuk melihat apa saja yang berubah dari kamera ini kita lihat saja review singkatnya berikut ini.

Desain dan teknologi

Nikon 1 J3 didesain dengan tujuan khusus yaitu kamera yang mudah dibawa kemanapun anda pergi. Bentuk body yang tipis dan ringkas sangat mudah dibawa hanya degan dikantongi di dalam saku jaket maupun tas kecil, bahkan saat saat lensa 10mm terpasang masih bisa dengan mudah untuk membawanya. Bahan body kamera terbuat dari bahan logam dan plastik yang kuat, kamera ini akan sangat kokoh saat berada di tangan, meskipun tombol kontrol bagian atas terasa tipis dan agak sedikit sulit saat mengoperasikan namun akan lebih mudah jika sudah terbiasa. Terdapat flash pop-up dibagian atas body seperti kamera sebelumnya dan hanya tinggal pencet untuk mengeluarkan saat dibutuhkan. Terdapat sebuah layar LCD dibagian belakang body kamera untuk melihat gambar secara live view saat membidik dalam mode video atau melihat hasil gambar. Minimnya tombol operasi ini akan membuat anda dapat melakukan operasi dengan mudah dan sederhana untuk mendapatkan gambar yang indah

Di bagian dalam body terdapat perangkat sensor gambar CX-Format sebesar 14 megapixel dengan autofocus hybrid, yang artinya sensor sudah mengalami peningkatan dari kamera sebelumnya. Tak hanya itu anda juga bisa menemukan prosesor gambar EXPEED 3A yang merupakan prosesor gambar terbaru milik Nikon, hal ini berarti kamera akan bekerja lebih cepat pada resolusi tinggi jika dibandingkan dengan kamera seri 1 sebelumnya. Rentang ISO dalam kamera ini menjadi hal yang tak kalah menarik yaitu dari 160 hingga ISO 6400. Jika rentang ISO yang ada masih kurang dalam kondisi remang-remang anda bis menggunakan flash pop-up.

Fitur

Berbagai macam fitur yang sngat inovatif ikut hadir untuk memberikan berbagai kemudahan kepada pengguna dalam membidik foto dan menghasilkan sebuah gambar dengan sentuhan kreativitas yang mengagumkan. Berbagai fitur menarik itu antara lain Modus Auto, Modus Creative, modus Advanced Movie, Motion Snapshot dan Best Moment Capture. Untuk modus kreatif, J3 dilengkapi dengan berbagai pilihan efek menarik seperti Selective Color (pemilihan warna), miniatur, Soft, Night Landscape, Backlighting dan modus Night Portrait, hal ini juga terdapat pada kamera S1. Bahkan Nikon 1 J3 juga telah dijejali dengan fitur menarik lain nya  yaitu Easy Panorama yang bertujuan untuk menghasilkan foto panorama dengan sudut pengambilan gambar yang lebih luas.

Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Digital Mirrorless Nikon 1 J3
Yang tak kalah menariknya adalah adanya Best Moment Capture Mode yang mana dengan fitur ini anda dapat menikmati 2 pilihan fitur sekaligus yaitu smart photo selector dan slow view. Smart Photo Selector adalah fitur yang sangat bagus di mana dalam sekali menekan tombol shutter kamera secara otomatis akan menghasilkan 20 gambar dan kamera akan memilih 5 foto terbaik dari 20 hasil foto. Namun sayangnya 5 foto dipilih secara otomatis oleh kamera berdasarkan tingkat ketepatan eksposur, fokus dan faktor face detection. Sedangkan Slow View adalah fitur yang bekerja saat anda menekan tombol shutter hanya setengah nya saja maka anda akan melihat subjek yang bergerak lebih lambat sehingga anda dapat dengan mudah menentukan moment terbaik untuk diabadikan dengan menekan tombol shutter penuh.

Harga Kamera Digital Mirrorless Nikon 1 J3 Kit (Lensa 10-30mm) : RP 6.850.000   
Harga Kamera Digital Mirrorless Nikon 1 J3 Kit (lensa 10-30mm+30-110mm) : RP 7.735.000

Spesifikasi Lengkap Kamera Digital Mirrorless Nikon 1 J3

Body type
Body type Rangefinder-style mirrorless
Sensor
Max resolution 4608 x 3072
Image ratio w:h 02:16,2
Effective pixels 14 megapixels
Sensor size 1″ (13.2 x 8.8 mm)
Sensor type CMOS
Image
White balance presets 6
Custom white balance Yes
Uncompressed format RAW
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor)
Phase Detect
Multi-area
Selective single-point
Tracking
Manual focus Yes
Number of focus points 135
Lens mount Nikon 1 mount
Focal length multiplier 2.7×
Screen / viewfinder
Articulated LCD No
Screen size 3.00″
Screen dots 921
Touch screen No
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/16000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Subject / scene modes Yes
Built-in flash Yes (pop-up)
Flash range 5.00 m
Flash modes Auto, On, Off, Red-eye, Slow sync, Rear curtain
Continuous drive Yes (15 fps)
Self-timer Yes
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation -3–5 (at 1/3 EV steps)
Videography features
Format MPEG-4
H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Resolutions 1920 x 1080 (60, 30 fps), 1280 x 720 (60 fps), 1072 x 720 (60 fps) 640 x 240 (400), 320 x 120 (1200)
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC card
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (Type C)
Wireless Optional
Wireless notes WU-1bb mobile adapter
Remote control Yes (Optional ML-L3)
Physical
Battery Battery Pack
Battery description Lithium-Ion EN-EL20 rechargeable battery & charger
Weight (inc. batteries) 201 g (0.44 lb / 7.09 oz)
Dimensions 101 x 61 x 29 mm (3.98 x 2.40 x 1.14″)
Other features
Timelapse recording Yes
GPS None


Blog, Updated at: 17.57