Harga Kamera DSLR Nikon D5500 Review dan Spesifikasi Lengkap

Camdig Nikon - Mengawali tahun 2015 Nikon sebagai salah satu nama besar dalam dunia imaging kembali mengumumkan kamera baru Nikon D5500. Kamera ini menambah koleksi Nikon di jajaran kamera entry level melanjutkan Nikon D5300 yang hadir tahun 2013 yang lalu. Nikon melakukan berbagai peningkatan yang cukup signifikan pada pendatang barunya kali ini. Jika dibanding dengan pendahulunya secara garis besar memang akan terlihat sama secara fisik fitur maupun teknologi yang digunakan. Akan tetapi tentu setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga yang ada pada Nikon D5500. Nikon memberikan fitur baru yang cukup menarik namun sekaligus menghilangkan fitur yang ada pada pendahulunya. Untuk mengetahui detail apa saja yang ditawarkan oleh Nikon D5500 berikut adalah review singkatnya.

Sensor dan prosesor

Nikon D5500 mengusung sensor DX-format dengan 24,2 megapixel efektif tanpa menggunakan low pass filter optik. Hal ini masih sama jika dilihat dari pendahulunnya Nikon D5300. Kedua kamera yang menduduki kelas entry level ini memang sengaja tanpa menggunakan low pas filter optik. Filter ini sebelumnya digunakan untuk mengurangi efek moire pada pengambilan gambar subjek dengan karakter tertentu. Namun seiring berkembangnya penggunaan sensor resolusi tinggi efek moire bisa diabaikan. Penghilangan filter tersebut justru memberikan peningkatan ketajaman gambar secara signifikan. Dengan begitu pengguna yang baru belajar atau yang baru beralih ke dunia fotografi tingkat lanjut lebih mudah menghasilkan gambar yang menakjubkan dari sebelumnya.

Dengan memanfaatkan sensor tinggi tersebut Nikon D5500 mampu memberikan hasil yang sangat tajam, kaya tonal dan video full HD yang menakjubkan. Hal tersebut tentunya tak lepas dari peran prosesor gambar EXPEED 4 yang memberikan peningkatan kecepatan kinerja secara keseluruhan pada segala kondisi pencahayaan. Dengan kinerja prosesor gambar canggih tersebut pengguna diberi keuntungan pada pengambilan gambar rendah cahaya dengan ISO yang diperluas antara 100 hingga 25.600. Kombinasi antara sensor besar dan prosesor berkecepatan tinggi membuat Nikon D5500 sebagai alat pencitraan berkualitas tinggi dikelasnya. Kamera ini mampu memberikan hasil foto maupun video HD yang sangat menakjubkan.

Body

Nikon membangun kamera baru nya dengan body yang menurut nya memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil. Desain dengan body yang lebih kecil memberikan keuntungan yang cukup berarti, yaitu berat yang berkurang. Seperti yang kita tau bahwa kamera DSLR cukup memberatkan pengguna, apalagi ditambah dengan berbagai asesoris. Dengan desain baru nya Nikon D5500 mampu sedikit memberikan kemudahan bagi pengguna nya. Nikon D5500 memiliki ukuran cukup kompak dengan 124x97x70 mm dengan ukuran tersebut membuat berat nya menjadi 420 gram, berkurang 60 gram dari Nikon D5300.

Layar LCD dan viewfinder

Salaha satu peningkatan yang belum pernah ada pada kamera kelas entry level kini sudah dihadirkan pada Nikon D5500 yaitu penambahan layar LCD dengan fitur touch screen. Dengan penambahan fitur tersebut maka Nikon D5500 menjadi kamera pertama di kelas entry level yang menggunakan fitur layar sentuh. Fitur layar sentuh ini tentu saja sangat berarti bagi pengguna. Keuntungan yang didapat dari fitur ini adalah memberikan kemudahan dalam pengoperasian kamera maupun mempermudah mode pengaturan kamera. Layar LCD ini memiliki kelebihan yang sama dengan para pendahulunya yang mampu di buka tutup dan diputar dengan sudut yang disukai, sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil gambar dari sudut pandang yang sulit. Layar selebar 3,2 inch ini dibekali dengan 1,37 juta dot dan panel TFT LCD monitor yang memberikan gambar yang jelas saat digunakan sebagai live view. Kamera ini juga dibekali dengan viewfinder optik pentamirror yang memiliki cakupan area hingga 95% dan pembesaran hingga 0,82x. Namun yang sangat disayangkan dengan peningkatan LCD layar sentuh mengorbankan fitur lama yaitu hilangnya fitur GPS.

Konektivitas

Sebagai kamera generasi baru tidak keren jika tanpa dilengkapi dengan konektivitas yang memadai untuk terhubung dengan perangkat lain yang kompatibel. Untuk itu Nikon D5500 juga menawarkan konektivitas yang memadai, hal tersebut meliputi USB 2.0 dengan kecepatan transfer hingga 480Mbps. Untuk melihat  hasil gambar atau video full HD ke perangkat layar lebar seperti TV kamera ini juga dilengkapi dengan mini HDMI. Untuk koneksi secara nirkabel kamera ini juga mengusung Wi-Fi built-in untuk terkoneksi dengan smartphone atau tablet. Kamera ini juga didukung dengan remote kontrol yang bisa terkoneksi secara nirkabel dengan wireless.

Harga Kamera DSLR Nikon D5500 Review dan Spesifikasi Lengkap

Kesimpulan

Nah dengan Review Kamera DSLR Nikon D5500 di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kamera ini memiliki kelebihan dengan fitur layar sentuh yang banyak membantu pengguna dalam pengoperasian kamera. Namun dengan peningkatan yang sangat signifikan tersebut kamera ini harus rela kehilangan fitur lain yang selama ini telah digunakan pada kamera pendahulunya yaitu fitur GPS. Namun secara keseluruhan kamera ini tetap memberikan performa yang baik dengan sensor besar dan prosesor berkecepatan tinggi. Jadi hilangnya GPS tidak banyak mempengaruhi kehebatan kamera Nikon D5500.

Harga

Untuk sementara kamera ini masih menunggu saat di rilis ke pasaran. Menurut Nikon kamera ini akan segera diluncurkan pada awal Februari 2015 ini. Untuk harga yang ditawarkan Rp. 9.299.000 juta (18-55mm VR II). Untuk harga kamera Nikon selengkapnya silahkan kunjungi Daftar Harga Kamera DSLR Nikon Terbaru.

Spesifikasi Kamera DSLR Nikon D5500

Body type
Body type Compact SLR
Sensor
Max resolution 6000 x 4000
Other resolutions 4496 x 3000, 2992 x 2000
Image ratio w:h 3:02
Effective pixels 24 megapixels
Sensor photo detectors 25 megapixels
Sensor size APS-C (23.5 x 15.6 mm)
Sensor type CMOS
Processor Expeed 4
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 100 - 25600
White balance presets 12
Custom white balance Yes (1)
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, Normal, Basic
File format JPEG: Fine, Normal, Basic, RAW: 12- or 14-bit, compressed, DPOF compatible, DCF 2.0 compliant
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Autofocus assist lamp Yes
Digital zoom No
Manual focus Yes
Number of focus points 39
Lens mount Nikon F
Focal length multiplier 1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fully articulated
Screen size 3.2″
Screen dots 1,037,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD monitor
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentamirror)
Viewfinder coverage 95%
Viewfinder magnification 0.82×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/4000 sec
Exposure modes Programmed auto with flexible program (P)
Shutter-priority (S)
Aperture priority (A)
Manual (M)
Scene modes Autumn Colors, Beach / Snow, Blossom, Candlelight, Child, Close-up, Dusk / Dawn, Food, Landscape, Night Landscape, Night Portrait, Party / Indoor, Pet Portrait, Portrait, Sports, Sunset, Special Effects Mode
Built-in flash Yes (Pop-up)
Flash range 12.00 m (at ISO 100)
External flash Yes (Hot-shoe)
Flash modes Auto, On, Off, Red-eye, Slow sync, Rear curtain
Flash X sync speed 1/200 sec
Drive modes Single frame, Continuous (low, high), Self-timer, Delayed remote, Quick-response remote, Quiet shutter release, Interval timer

Continuous drive 5.0 fps
Self-timer Yes (2, 5, 10 or 20 sec)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±2 (3 frames at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
WB Bracketing Yes (3 frames in either blue/amber or magenta/green axis)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60, 50, 30, 25, 24 fps), 1280 x 720 (60, 50, 30, 25 fps), 640 x 424 (30, 25 fps)
Format MPEG-4, H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI)
Wireless Built-In
Wireless notes Remote control / photo retrieval via smartphone
Remote control Yes (MC-DC2 (wired), WR-1/WR-R10 (wireless))
Physical
Environmentally sealed No
Battery Battery Pack
Battery description EN-EL14 / EN-EL14a lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 820
Weight (inc. batteries) 420 g (0.93 lb / 14.82 oz)
Dimensions 124 x 97 x 70 mm (4.88 x 3.82 x 2.76″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS None


Blog, Updated at: 22.56