Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Digital Nikon Coolpix A

Camdig Nikon - Pertengahan 2013 yang lalu Nikon selaku produsen kenamaan dalam dunia fotografi merilis kamera digital yang cukup menarik dengan nama Nikon Coolpix A. Berbagai faktor yang melekat pada kamea digital yang satu ini menjadi ikon yang memacu adanya peningkatan yang cukup signifikan dalam keanekaragaman kamera digital compact yang ada dipasaran saat ini. Nikon Coolpix A merupakan sebuah kamera compact APS-C yang dilengkapi dengan lensa F2.8 yang setara dengan lensa fix 28mm. Hal ini menjadi icon yang menarik karena hal yang tidak mungkin terjadi beberapa tahun yang lalu kini bisa terwujud dan hanya Coolpix A satu-satunya kamera yang menyediakan spesifikasi semacam itu pada jajaran kamera compact Nikon.

Nikon coolpix A dirancang dan dibangun dengan sensor sebesar 16 megapixel, seperti yang disematkan dalam kamera DSLR yang cukup spetakuler seperti Nikon D7000. Berdasarkan keterangan dari pihak Nikon, kamera dengan sensor microlenses dirancang untuk bekerja dengan lensa wide-angle untuk mengurangi sudut shading, meskipun lensa wide-angle mount cukup dekat dengan sensor. Namun kamera ini tidak ada fase deteksi on-sensor seperti kamera yang lain pada saat kamera sejenis itu marak kala itu.

Coolpix A bermaksud untuk mengikuti dan bersaing dengan Pentax K-5 IIs dan menjadi padanan dari kamera DSLR nya D7100 dalam melakukan tembakan jauh melebihi hasil jika menggunakan optical low-pass filter. Asumsinya bahwa dengan yang ditawarkan oleh Coolpix A tidak perlu lagi khawatir akan munculnya moiré, karena muculnya moiré dianggap sebagai kejahatan bagi kamera ini, sehingga dengan coolpix A diharapkan mampu mendapatkan hasil tembakan dengan ketajaman yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan filter optical low-pass.

Seperti hal nya beberapa merek yang lain, Coolpix A merupakan produk kamera bertarget antusias yang dirilis tanpa sedikitpun rasa ragu. Nikon Coolpix A berdasarkan keterangan Nikon memiliki tujuan utama sebagai kamera kedua atau kamera cadangan untuk para pengguna kamera DSLR. Dengan munculnya mode eksposur PASM yang dikedepankan pada kamera ini, serta adanya sistem menu yang jauh lebih familiar pada kamera DSLR dari pada kamera pada pada jajaran kamera Coolpix. Pada salah satu mode scene Coolpix A juga telah menawarkan 19 jenis mode scene, termasuk didalamnya adalah Portrait Pet, kesemuanya dikemas dalam satu pilihan mode dial.

Selain menawarkan kontrol dan antarmuka yang konsisten dengan kamera DSLR Nikon, Coolpix A juga kompatibel dengan beberapa aksesoris Nikon DSLR. Penggunaan baterai 7.4Wh adalah sama seperti yang digunakan pada kamera sistem 1 dan J-series, serta memiliki i-TTL compliant flash hot shoe. Namun yang sangat disayangkan adalah kamera ini justru tidak ada flash built-in, sehingga jika pengguna menginginkan flashguns jarak jauh harus mengandalkan setidknya SB700 kedalam kamera tersebut.

Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Digital Nikon Coolpix A

Sebagai kamera cadangan untuk pengguna DSLR kamera ini juga dirancang untuk berbagi dengan berbagai aksesoris Nikon DSLR, antara lain flashgun, IR remote, modul WiFi dan GPS. Hal ini sangat jelas bahwa kamera ini memang sengaja dibangun untuk selalu dibawa oleh pengguna DSLR Nikon sebagai cadangan dalam tas kit mereka. Dan yang paling menarik diantara aksesoris tersebut adalah hot shoe mounting viewfinder optik dan UR-E24 adapter/lensa hood pack yang memungkinkan untuk penggunaan filter 46mm.

Harga Kamera Digital Nikon Coolpix A : Rp. 9.975.000

Spesifikasi Lengkap Kamera Digital Nikon Coolpix A

Body type
Body type Compact
Sensor
Max resolution 4928 x 3264
Effective pixels 16 megapixels
Sensor photo detectors 17 megapixels
Sensor size APS-C (23.6 x 15.7 mm)
Sensor type CMOS
Image
ISO Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, 2000, 3200 6400, (12800, 25600 with boost)
Custom white balance Yes
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
File format JPEG
RAW (NEF)
Optics & Focus
Focal length (equiv.) 28 mm
Optical zoom
Autofocus Contrast Detect (sensor), Center, Tracking, Face Detection
Digital zoom No
Manual focus Yes
Normal focus range 50 cm (19.69″)
Macro focus range 10 cm (3.94″)
Lens mount Unknown
Screen / viewfinder
Articulated LCD No
Screen size 3″
Screen dots 921
Screen type TFT LCD monitor
Viewfinder type Optical (optional)
Photography features
Maximum aperture F2.8
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/2000 sec
Exposure modes Programmed auto (with flexible program)
Shutter priority
Aperture-priority
Manual
Scene modes Beach/Snow, Blossom, Beach/Snow, Blossom, Candlelight, Child, Close-up, Dusk/Dawn, Food, High Key, Landscape, Low Key, Autumn colors, Night Landscape, Night Portrait, Party/Indoor, Pet Portrait, Portrait, Silhouette, Sports, Sunset
Built-in flash Yes (Pop-up)
Flash range 11.50 m
External flash Yes (via ISO 518 hot-shoe with sync and data contacts and safety lock)
Flash modes Auto, On, Off, Red-Eye, Slow-sync
Drive modes Single, Continous, Best Shot Selector, multi-shot 16
Continuous drive Yes (4 fps)
Self-timer Yes (2, 5, 10 or 20 sec)
Metering modes Multi, Center-weighted, Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV steps)
AE Bracketing (at 1/3 EV steps)
Videography features
Format MPEG-4
H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Resolutions 1920 x 1080 (30, 25, 24fps), 1280 x 720p (30 fps), 640 x 480 (30, 25, 24 fps)
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
Wireless Optional
Wireless notes via optional WU-1a Wireless Mobile Adapter
Physical
Battery Battery Pack
Battery description Nikon EN-EL20 Lithium-Ion battery
Battery Life (CIPA) 230
Weight (inc. batteries) 299 g (0.66 lb / 10.55 oz)
Dimensions 111 x 64 x 40 mm (4.37 x 2.52 x 1.57″)
Other features
GPS Optional
GPS notes GP-1


Blog, Updated at: 22.51